Kerokan Sampai Yoga, 8 Kebiasaan ini Mampu Mengobati Perut yang Masuk Angin

Kerokan Sampai Yoga, 8 Kebiasaan ini Mampu Mengobati Perut yang Masuk Angin

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID- Satu masalah perut yang sering dialami kebanyakan orang Indonesia, yakni masuk angin. Masuk angin menjadi salah satu jenis penyakit perut yang dialamai oleh semua usia, baik orang dewasa, Lansia bahkan bayi sekalipun bisa mengalami masuk angin.

Meksi tidak berbahaya, ada baiknya kamu memancarkan lebih tau bagaimana cara mengatasi perut kembung agar kamu bisa beraktifitas lebih nyaman tanpa terganggu oleh perut yang sakit.

Salah satu gejalanya yang paling sering dirasakan saat masuk angin adalah perut kembung. Oleh karena itu banyak orang berusaha mencari cara mengeluarkan angin dari perut.

BACA JUGA:Jangan Sampai Ketinggalan, Inilah 8 Perlengkapan yang Wajib Dibawa saat Nonton Konser Musik

Masuk angin tidak boleh disepelekan, karena jika terus menerus dibiarkan maka aktivitas bisa terganggu karena perut yang tidak nyaman. Oleh karena itu, saat kamu masuk angin, segera tangani dan obati dengan baik, Berikut ini adalah cara mengatasi masuk angin di rumah tanpa perlu dibawa ke dokter.

Mengobati Masuk Angin Dengan Penerapan Kebiasaan

Bukan hanya mencegah, kamu bisa mengobati masuk angin dengan menerapkan kebiasaan tertentu. Misalnya seperti menjaga pola makan, rutin berolahraga, Yoga sampai mandi air hangat. Keiasaan ini dipercaya mampu mencegah masuk angin datang. Berikut informasinya dibawah ini.

1.       Kerokan

Kerokan dianggap efektif untuk membantu mengeluarkan gas dalam perut. Selain itu, kerokan yang dilakukan dengan minyak dapat menghangatkan tubuh, sehingga diyakini dapat mengurangi rasa sakit di perut.

2.       Pijat Perut

Pijatan pada perut juga dipercaya dapat membantu mengeluarkan gas. Jika kamu merasa perlu membuang angin, sebaiknya segera lakukan pijatan pada perutmu. Menggunakan minyak angin dapat mempermudah proses pijatan.

Saat perut terasa penuh, coba pijat perlahan. Selain membantu melancarkan sistem pencernaan, pijatan dapat membantu mengeluarkan gas dari perut. Lakukan gerakan memutar dengan tekanan ringan searah jarum jam, lalu ulangi dengan arah sebaliknya.

3.      Berolahraga Ringan atau Berjalan

Melakukan olahraga ringan dapat bermanfaat untuk mengeluarkan gas dari perut. Saya ingin berjalan santai agar usus dapat bergerak dengan teratur dan mengeluarkan gas yang ada. Terkadang, gas di perut disebabkan oleh kurangnya aktivitas fisik, sehingga cukup dengan melakukan latihan ringan seperti berjalan.

BACA JUGA:Jadwal Rilis dan Tempat Nonton The Elusive Samurai (Nigewaka) Episode 12 END Sub Indo

Jika kamu merasa perut kembung dan berisi gas, sebaiknya bangun dari tempat duduk dan lakukan sedikit jalan-jalan. Ini bisa membantu meredakan rasa sakit dan mengeluarkan gas dari tubuh.

  1. Pose Penghilang Angin (Mengibaskan Angin)

Salah satu pose yoga yang dipercaya dapat membantu mengeluarkan gas dari perut adalah Wind Relieving Pose. Posisi ini akan memberikan dorongan pada perut, sehingga memudahkan pengeluaran gas.

Caranya adalah dengan berbaring telentang, lalu menarik satu lutut ke arah dada dan menahannya dengan kedua tangan. Secara perlahan, tarik lutut lebih dekat ke dada, tahan, dan ulangi untuk kaki yang lainnya. Jika memungkinkan, kamu juga bisa melakukan gerakan ini dengan kedua kaki secara bersamaan.

  1. Pose Karangan Bunga

Pose ini adalah teknik yang berfungsi untuk membuka pinggul, sehingga memudahkan tubuh melepaskan gas. Untuk melakukannya, berdirilah dengan kedua telapak kaki melebar dan posisi tangan seperti saat berdoa.

Setelah itu, tekuk lutut hingga mencapai posisi jongkok sambil bernapas, dengan siku tangan berada di lutut dan punggung tetap tegak. Tahan posisi ini selama beberapa detik agar gas dapat dilepaskan. Meskipun beberapa latihan dapat membantu mengeluarkan gas dari dalam perut, ada juga langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk mencegahnya.

BACA JUGA:Tempat Nonton dan Sinopsis Naze Boku No Sekai Wo Daremo Oboeteinai No Ka? Episode 12 END Sub Indo

Beberapa di antaranya adalah menerapkan pola makan sehat yang kaya akan protein, sayuran, buah, dan biji-bijian, mengonsumsi delapan gelas air per hari, serta menghindari soda dan produk susu yang dapat meningkatkan kondisi.

6.       Batas Porsi Makan

Makan dalam porsi besar dapat membuat perut terasa terlalu penuh, begah, dan kembung. Niat untuk membatasi porsi makan. disarankan makan dalam jumlah kecil tetapi sering. Dengan cara ini, organ pencernaan tidak akan terbebani.

7.       Gunakan Kompres Hangat pada Perut

Saat perut terasa kembung, gunakan kompres hangat. Suhu hangat dapat membantu melebarkan pembuluh darah, sehingga memperlancar peredaran darah dalam sistem pencernaan. Selain itu, otot-otot perut akan lebih rileks, membantu mengurangi rasa sakit dan kembung. Gunakan kain hangat untuk mengompres perut selama 10-15 menit.

8.       Mandi Air Hangat

Mandi air hangat dapat menjadi salah satu cara mengeluarkan gas dari perut. Berendam dalam air hangat bisa membantu meredakan sakit perut akibat kembung dengan lebih mudah. Relaksasi semacam ini dapat menurunkan tingkat stres, serta memungkinkan sistem pencernaan berfungsi lebih efisien dan membantu mengurangi kembung.

9.       Yoga

Beberapa pose yoga dapat membuat otot-otot di perut menjadi lebih rileks. Teknik ini dapat mendorong pengeluaran gas berlebih dari saluran pencernaan. Pose seperti Child's Pose, Happy Baby Pose, dan Squat dapat membantu meringankan akumulasi gas dengan cepat.

BACA JUGA:Ganti Popok Sampai Bedakan, 5 Cara Mudah Bikin Bayi Harum Sepanjang Hari

Selain itu, meditasi dalam yoga juga dapat membantu seseorang mengontrol porsi makanan dan mencegah makan berlebihan, yang semuanya bermanfaat untuk mengatasi perut kembung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: